Minggu, 24 Agustus 2014

Bolu nangka kukus

Dah seminggu nangka kiriman tetangga nangkring di kulkas, bolak balik suami dan anak2 nyemil-nyemil. Mama dah nanya- nanya mau diapakan sisa nangka ini.
Tadinya pengen banget buat pudding nangka seperti emak buat dulu. Tapi liat bolu nangkanya mbak Endang Indriani di Just Try and Taste bikin penasaran banget.
Dan pagi ini sambil uhuk2 ... dieksekusilah nangka yang sisa ga sampai 400 gr ini, untuk teman ngeteh pagi. Anak2 suka kepo kalo aku udah beraksi di dapur... Pertanyaan"mau buat apa bun?" pasti yang pertama terlontar. Tapi kali ini anak2 anteng banget memperhatikan karena didapur selain aku neneknya juga ikut sibuk buat nasi goreng kukuter favorit keluarga.
Setelah matang kue yang ada digambar ini diantar ke tetangga yang kirim nangka sebagai kiriman balasan dan silaturahmi.



 Bolu nangka kukus
Adaptasi resep Endang Indriani

Bahan :
200 gr nangka matang
130 gr tepung terigu serbaguna
1/4  sdt baking soda
1 sdt baking powder double acting
2 butir telur suhu ruang
125 gr gula pasir
120 ml minyak goreng
1 sdt vanila ekstrak

Cara membuat :
1. Siapkan loyang brownies ukuran 30 cm, olesi permukaannya dengan margarine dan taburi dengan tepung terigu tipis saja. (Jika menggunakan resep ini 2x lipat bisa menggunakan loyang tulban garis tengah 23 cm).
2. Siapkan nangka matang, ambil daging buahnya. Cincang nangka menggunakan pisau dan talenan hingga menjadi cincangan kasar. Atau bisa menghunaan cooper atau food prosesor. Sisihkan.
3. Ayak tepung terigu bersama baking powder, baking soda, sisihkan.
4. Aduk garam, gula pasir menjadi satu dalam mangkuk, sisihkan.
5. Siapkan mangkuk mikser, masukkan telur dan kocok dengan speed sedang hingga telur berubah menjadi berbusa ( sekitar 1 menit). Masukkan campuran gula dan garam secara bertahap sambil terus dikocok hingga kental sekitar 2-3 menit.
6. Masukkan minyak sedikit demi sedikit sambil diaduk.
7. Jika adonan telah tercampur dengan baik, matikan mikser. Masukkan tepung terigu dan vanila bubuk kedalam adonan, aduk perlahan menggunakan spatula hingga tercampur rata.
8. Masukkan cincangan nangka ke dalam adonan, aduk rata kembali menggunakan spatula. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Kukus bolu dalam dandang kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya hingga air mendidih. Jika menggunakan dandang biasa, tutup penutup dandang dengan kain bersih yang mampu menyerap air. Kusus selama 25-30 menit hingga benar-benar matang (jika menggunakan 2x resep diatas tambah waktu mengukua 50-60 menit)
9. Keluarkan loyang dari dandang, diamkan sebentar untuk menghilangkan uap panasnya. Kemudian balikkan bolu dipiring datar dan diamkan hingga benar-benar dingin sebelum  dipotong. (Tapi dirumah belum dingin udah habis :))








Tidak ada komentar:

Posting Komentar